5 Manfaat Scuba Diving Bagi Kesehatan

Untuk berbagai alasan, jutaan orang turun ke kedalaman lautan setiap tahun. Semua orang ingin melihat terumbu karang yang cerah; beberapa orang ingin berenang dengan lumba-lumba atau hiu paus; dan yang lain senang melihat bangkai kapal lama. Meningkatkan kesehatan adalah alasan yang mungkin tidak terpikirkan untuk scuba diving.

Anda mungkin terkejut dengan banyak manfaat menyelam scuba untuk kesehatan fisik dan mental. Karena itu adalah latihan seluruh tubuh yang menggabungkan manfaat meditasi dengan lingkungan sosial yang positif, menyelam adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Meningkatkan kebugaran aerobik, mengurangi stres, dan memberikan manfaat psikologis bagi veteran. Manfaat scuba diving jauh lebih besar daripada kenangan indah di bawah air selama liburan.

Dalam artikel ini Raja Ampat Liveaboard dan Liveaboard Komodo akan menjelaskan manfaat scuba diving bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Untuk tetap sehat dan hidup lebih lama, penting untuk mempertahankan kebugaran kardiovaskular. Tetap aman saat menyelam juga penting. Ternyata, kardiovaskular dapat sangat diuntungkan dari scuba diving. Dengan berenang, salah satu jenis aerobik terbaik, Anda dapat melakukan latihan kardio yang efektif sambil menyelam. Kardiovaskular: Scuba diving rutin dapat membantu mengelola berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan lebih baik tidur.

2. Meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot

Scuba diving adalah bentuk latihan kardiovaskular yang luar biasa yang meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Dalam berenang melawan arus, penyelam harus menggunakan otot di lengan, inti, dan kaki mereka. Upaya ini meningkatkan daya tahan otot dan menghasilkan massa otot tanpa lemak. Scuba diving adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan Anda tanpa menekan persendian Anda terlalu banyak.

Selain itu, jangan lupa tentang tank. Cara lain untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas adalah dengan membawa perlengkapan seperti tank scuba. Selain itu, menyelam meningkatkan otot punggung, lengan, dan inti Anda, membuatnya seperti latihan seluruh tubuh!

3. Memperbaiki Postur dan Fleksibilitas

Berenang juga meningkatkan kelenturan dan postur. Saat Anda perlahan menendang sirip Anda melalui arus di bawah air, Anda memanjangkan otot dan melatih inti Anda. Ini meningkatkan kelenturan tubuh bagian bawah dan kekuatan batang tubuh, yang membantu Anda memperbaiki postur Anda. Inti yang kuat sangat penting untuk memiliki postur tubuh yang ideal, dan hampir setiap gerakan yang dilakukan penyelam scuba melibatkan inti.

4. Menurunkan kadar stres dan meningkatkan kesehatan mental

Banyak penelitian menunjukkan bahwa berada dekat dengan laut baik untuk kesehatan mental, dan scuba diving adalah salah satunya. Sebuah penelitian terhadap 176 penyelam scuba menemukan bahwa, setelah dua kali menyelam, penyelam mengalami penurunan stres dan peningkatan kesehatan mental. Selain itu, teknik pernapasan yang dibutuhkan selama menyelam di bawah air sering dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Scuba diving adalah jenis latihan bernafas perlahan dan dalam yang juga digunakan dalam meditasi, yang membantu orang menjadi lebih santai dan tenang, serta mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Akibatnya, scuba diving mirip dengan meditasi, karena memungkinkan penyelam mengurangi tingkat stres dan mendapatkan kesehatan mental yang jauh lebih baik.

5. Manfaat terapeutik untuk cedera fisik dan psikis

Selain itu, menyelam dapat sangat bermanfaat sebagai terapi, terutama bagi orang-orang dengan gangguan psikologis dan veteran militer. Para veteran yang terluka melaporkan bahwa mereka mengalami peningkatan tingkat kecemasan dan depresi setelah berpartisipasi dalam scuba diving rekreasi sebagai akibat dari fokus yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam scuba diving dan perasaan tidak berbobot saat berada di bawah air.